Dinas Pendapatan Daerah
      VISI : TERWUJUDNYA PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH YANG PROFESIONAL UNTUK MENDUKUNG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DAERAH YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA. MISI : 1. MERUMUSKAN DAN MENYUSUN KEBIJAKAN TEKNIS DI BIDANG PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH 2. MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA APARATUR BIDANG PENDAPATAN DAERAH YANG SESUAI DENGAN PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) 3. MENJALIN JEJARING KERJA (NETWORKING) DAN KOORDINASI SECARA SINERGIS DI BIDANG PENDAPATAN DAERAH   
Waktu Palembang
ym
KALENDER
ym
Telepon Penting
Kebakaran113, 312011
Ambulans118
Polisi110
SAR355111
RSMH354088
ym
Jajak Pendapat
Bagaimana pendapat Anda tentang Pelayanan Publik yang telah diberikan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Palembang saat ini?
Sangat Baik
Baik
Lumayan
Kurang Baik
Tidak Tahu
 
ym
FACEBOOK
ym

Pemerintah Kota Palembang

Portal Nasional Republik Indonesia

Departemen Dalam Negeri RI

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kota Palembang

Portal Nasional Republik Indonesia

Departemen Dalam Negeri RI

Bappenas

Departemen Komunikasi & Informatika RI

Provinsi Sumatera Selatan

ym
Beranda > Sosialisasi Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

Sosialisasi Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN

PERDA NO. 16 TAHUN 2010

 

 

  •  PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN ADALAH PAJAK ATAS KEGIATAN PENGAMBILAN DAN/ATAU PEMANFAATAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN, BAIK DARI SUMBER ALAM DIDALAM DAN/PERMUKAAN BUMI UNTUK DIMANFAATKAN.
  • MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN ADALAH MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN SEBAGAIMANA DIMAKSUD DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DIBIDANG MINERAL DAN BATU BARA.

 

NAMA, OBJEK, SUBJEK DAN WAJIB PAJAK

  •  DENGAN NAMA PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DIPUNGUT ATAS SETIAP KEGIATAN PENGAMBILAN DAN / ATAU PEMANFAATAN MINERAL UKAN LOGAM DAN BATUAN.
  • OBJEK PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN ADALAH  : a. Asbes, b. Kaolin, c. Tanah diatome, d. Batu tulis, e.  Leusit         , f. Tanah liat, g. Batu setengah permata, h.  Magnesit, i. Tawas, j. Batu kapur, k.   Mika, l.   Tras, m. Batu apung,     n.  Marmer, o. Yarosif, p.  Batu permata, q.   Nitrat, r.  Zeilit, s. Bentonit, t.  Opsidien, u.    Basal, v. Dolomit (batu pecah), w.   Oker, x.    Trakkit, y.  Feldspar, z.  Pasir dan kerikil, aa.  Garam batu (halite), bb.   Pasir kuarsa, cc. Grafit, dd.   Perlit, ee.  Granit / andesit, ff.   Phospat, gg. Gips, hh. Talk, ii. Kalsit,jj. Tanah serap.

 

SUBJEK DAN WAJIB PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN

  •  SUBJEK PAJAK  MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN ADALAH ORANG PRIBADI ATAU BADAN YANG DAPAT MENGAMBIL DAN / ATAU MEMANFAATKAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN.
  • WAJIB PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN ADALAH ORANG PRIBADI ATAU BADAN YANG MENGAMBIL DAN / ATAU MEMANFAATKAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN DABATUAN.

 

TIDAK TERMASUK OBJEK PAJAK

  •  KEGIATAN PENGAMBILAN DAN / ATAU PEMANFAATAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN YANG NYATA-NYATA TIDAK DIMANFAATKAN SECARA KOMERSIAL, SEPERTI KEGIATAN PENGAMBILAN TANAH UNTUK KEPERLUAN RUMAH TANGGA, PEMANCANGAN TIANG LISTRIK / TELEPON, PENANAMAN KABEL LIASTRIK / TELEPON, PENANAMAN PIPA  AIR / GAS.
  • KEGIATAN PENGAMBILAN DAN / ATAU PEMANFAATAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN YANG MERUPAKAN IKUTAN DARI KEGIATAN PERTAMBANGAN LAINNYA, YANG TIDAK DIMANFAATKAN SECARA KOMERSIAL.

 

DASAR PENGENAAN TARIF DAN CARA PERHITUNGAN PAJAK

  •  DASAR PENGENAAN PAJAK ADALAH NILAI JUAL YANG DIHITUNG DENGAN MENGALIKAN VOLUME/TONASE HASIL PENGAMBILAN DAN / ATAU PEMANFAATAN MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DENGAN NILAI PASAR ATAU HARGA STANDAR MASING-MASING JENIS MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN.
  • TARIF PAJAK DITETAPKAN   17,5 %.
  • BESARAN POKOK PAJAK  YANG TERUTANG DIHITUNG DENGAN CARA MENGALIKAN TARIF PAJAK DENGAN DASAR PENGENAAN PAJAK.

 

PALEMBANG,     SEPTEMBER 2011

KEPALA BIDANG PENAGIHAN DAN PEMBUKUAN

 

dto

H. DARWIN HASAN, SE, M.Si

Nip. 19620212 198303 1 037

ym
PERDA

1. BPHTB

2. Reklame

3. Restoran

4. Air Tanah

5. Sarang Burung Walet

6. Mineral Bukan Logam dan Batuan

7. PBB

8. Hotel

9. Hiburan

10. Parkir

11. Pajak Penerangan Jalan

Pajak yang dikelola Dispenda Kota Palembang

ym
Kalender
DESEMBER 2016
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
             
ym
Kontak

  Jalan Merdeka No. 21 Palembang

Telp : 0711 352282 Fax : 0711 317393 Email: kepala@dispenda.palembang.go.id tu@dispenda.palembang.go.id kontak@dispenda.palembang.go.id

ym

Bappenas   Provinsi Sumatera Selatan   Portal Nasional Republik Indonesia   Departemen Komunikasi & Informatika RI   Pemerintah Kota Palembang   Departemen Dalam Negeri RI   Bappenas   Provinsi Sumatera Selatan   Portal Nasional Republik Indonesia   Departemen Komunikasi & Informatika RI   Pemerintah Kota Palembang   Departemen Dalam Negeri RI  

© 2006 - 2009 Pemerintah Kota Palembang